Popular Post

Posted by : ddyarmada Jumat, 04 November 2011


P01
Dasar-2x Sistem Informasi Bisnis
Sistem Informasi
            Sistem adalah sekumpulan komponen yang saling terkait, dan bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu,dengan menerima input dan menghasilkan output melalui suatu pruses transformasi yang terorganisasi, dan memiliki batasan yang jelas


Sistem informasi adalah sekumpulan pelaksana, prosedur dan alat yang diorganisasikan secara terintegrasi untuk mengolah (mengumpulkan,memproses,menyinpan, menganalisa ,dan mengalirkan) data menjadi informasi yang bermanfaat bagi kepentingan tertentu.
            Tipe-tipe
1.manual
            - paper-based
            - computer-based
2.otomatis
            - teknologi sistem informasi

Teknologi sistem informasi
sekumpulan prosedur, hardware, software dan brainware yang diorganisasikan secara teerintegrasi untuk mengolah (mengumpulkan,memproses,menyinpan, menganalisa ,dan mengalirkan) data menjadi informasi yang bermanfaat bagi kepentingan tertentu



Model sistem informasi bisnis
1. People resources
            -  end user
                        Orang yang menggunakan sistem informasi bisnis dan/atau informasi yang    dihasilkan oleh sistem informasi bisnis
            - IS specialist
                        Orang yang mengembangkan dan mengoperasikan sistem informasi bisnis
2. software resources
            - semua instruksi/langkah pemrosesan data dan/atau informasi
            Contoh 
            - prosedur kerja
            - system software
            - progam aplikasi
3. hardware resources
            - semua perangkat fisik yang digunakan untuk melakukan pengolahan data
            Contoh
            - komputer server
            - komputer workstation
            - media penyimpanan data
            - computer peripherals : UPS,CD/DVD drive

4. network resources
            - semua perangkat fisik yang digunakan untuk mengalirkan data ke pengguna di tempat yang berbeda lokasi
            Contoh
            - switch
            - ruoter
            - kabel : UTP, FO
5. data resources
            - semua fakta yang terkait dengan transaksi bisnis dan informasi yang merupakan hasil pengolahan fakta transaksi bisnis
            Contoh
            - nota pembelian, penesimaan dan penjualan
            - bukti transfer
            - database, datawarehouses
            - laporan keuangan


Sistem informasi bisnis harus dapat
- menyampaikan informasi yang tepat
- kepada orang yang tepat
- pada waktu yang tepat
- dengan menggunakan format yang tepat
Kerangka pengutahuan TSI

- foundation concepts
            Fundamental behavioral, technical, business & managerial concepts
- information technologi
            Harsware, software, network, data management & internet-based technology
- business applications
            Major uses of the IS in the organization
- development processes
            How to plan, develop & implement IS to meet business opportunities
- management challenges
            The challenges of effectively & ethically managing IT

Tren Sistem Informasi Bisnis

e-Business
            Penggunaan tehnologi internet untuk lebih memberdayakan proses bisnis baik didalam internal perusahaan maupun terhadap pemasok, pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya

m-Business
            - penggunaan perangkat komunikasi bergerak untuk lebih memberdayakan proses bisnis
            - saat ini masih relatif terbatas untuk proses bisnis di internal perusahaan dan terhadap
pelanggan

Operation Support System
            Sistem informasi yang digunakan untuk meningkatkan efisiensi & efektifitas, pengendalian proses, komunikasi & kolaborasi kegiatan operasional bisnis

            - transaction processing system
                        1. mengolah data operasional transaksi bisnis
                        2. contoh: purchasing, inventory, sales & accounting system

- process control system
1. memantau & mengendalikan proses fisik
2. SCADA
3. contoh : water/electrical power distribution, chemical process monitoring and control system

- enterprise collaboration system
1. meningkatkan kerjasama dan komunitas
2. contoh : email, workgroup & tele/video conferencing system



P02
Bersaing dengan TI

Sistem informasi bukan hanya sekeumpulan teknologi untung mendukung operasi bisnis, kerja sama perusahaan dan sistem pengambilan keputusan namun TI bisa sebagai Sistem informasi strategis (SIS) sebagai jaringan pembaruan organisasi yang dapat mengubah cara bersaing dalam bisnis.

Konsep Strategi Kompetitif
Sistem informasi strategis meruapakan sistem informasi yang mendudukung dan membentuk posisi
kompetitif dan strategi perusahaan bisnis. Berupa sistem informasi spti TPS, SIM, DSS dll yang menggunakan TI dalam membatu organisasi mencapai keunggulan kompetitif, mengurangi kelemahan dan memenuhi tujuan strategis perusahaan.

Tekanan Kompetitif dan Strategi Kompetitif
Perusahaan perlu mengembangkan strategi untuk menghadapi 5 tekanan kompetitif dalam bisnis,
yang meliputi
1. Persaingan dari pada kompetitor
2. Ancaman pemain baru
3. Ancaman produk pengganti
4. Daya tawar pelanggan
5. Daya tawar pemasok atau suplier
Untuk menghadapi 5 tantangan itu dipersiapkan 5 strategi kompetitif sebagai berikut, spt gambar
berikut
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjdXI-lckftJ5IRYK5pAV7hLkQjKO59QJaeV4UNQPyEZ3RHBM2wvEVtGM8ota2fthbAircyFiNPUJ5_ysm6znUr5b5T6lC2WjsJu3LqfOKQdSUVFmmMcSsTvImONjvA53agKU26gMILC_0/s400/bab2-1.png


1. Strategi Cost Leadership, industri berbiaya rendah dan membantu pemasuk dan pelanggan menghemat biaya namun meningkatkan biaya pesaing
2. Strategi Deferensiasi , mengembangkan berbagai cara melakukan deferensiasi produk yang
berbeda bagi segmen pangsa pasar tertentu
3. Strategi Inovasi, mencari cara baru melakukan bisnis yang unik bisa juga perubahan radikal proses
bisnis atau cara distribusi yang berbeda dari dulu.
4. Strategi pertumbuhan, memperbesar kemampuan produksi, memperluas pasar dan diversifikasi
produk baru.
5. Strategi persekutuan, membuat persekutaun bisnis dengan pelanggan, pemasok, konsultan atau
juga merger/akuisisi dan membentuk perusahaan virtual.
Agar lebih jelas mengenai penerapan TI untuk aplikasi ke 5 strategi lihat tabel berikut
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi9sy02kegK3mI0Oh1kbPSE5n_GwR3Uwg5zj9R-n21mg31eiG0CRPjO7pQluxioEBgzIRIV66zHhMaJH76BbaQ9BrxvmH8QQkTlu_pkUM0M_mcwU7vn2FCCH4MBEhc8VCZEj_xEFQf8yOM/s400/bab2-2.png

Strategi lainnya
 Mengunci pelanggan dan suplier (locking in customer and supplier), agar tidak beralih ke pesaiing
 Membangun biaya perpindahan ( switching cost)
 Meningkatkan halangan masuk (barriers to entry), mencegah masuknya pemain baru
 Mendorong investasi

Rantai Nilai dan SI Strategis
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEilUnMhizdgL2O7cGsBNqpUBEleFTnRj2h-x1eO2RB3B7GmQcIqOIy7d-8h_dfbqL2W1ySYi3qtP4ZoklFcxgzrjfwNujaORAQRN_klh1ZQfK_GFoI7d0em5JbgnJIQxUw3QdUvPc4XlzI/s640/bab2-3.png

BAGIAN II TI Sebagai Keunggulan Strategis

TI digunakan sebagai faktor pembeda kompetitif bukan hanya puas di operasi rutin yang efisien

Bisnis Berfokus pada Pelanggan
Fokus strategisnya atas nilai bagi pelanggan. Nilai terbaik berupa mampu menelusuri preferensi
pelanggan, mengikuti tren pasar, pasokan produk, layanan dan informasi, kapan saja, di mana saja, layanan dengan kebutuhan pelanggan.

            Perekayasaan Ulang Proses Bisnis
Perekayasaan Ulang proses bisnis atau business process engineering-BPR adalah pemikiran kembali yang mendasar dan pendesain ulang yang radikal.
Melakukan perubahan radikal untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi contohnya dengan menerapkan sistem ERP (enterprise resource planning). Namun hal ini bukan tanpa resiko.
Berikut ini perbandingan Pengembangan Bisnis dan BPR
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgz_fOZ0umTOPeP2is93-tOdExbqjL8oJKAoY9SYP5G6pt8fZet7DDXvXfcOtH07uZAnGONdzRcZsxUOvJtEGikSJu65A6kbJXFUocNhmQWOToQzg84M3yxOcGBni1eKFw6bXMd4WjMwG0/s400/bab2-4.png



            Perusahaan yang lincah (Agile Company)
Kemampuan suatu perusahaan untuk berubah dan menyesuaikan diri dengan cepat dengan tetap mempertahankan produk dan jasa berkualitas tinggi untuk produk pilihan pelanggannya.
Empat strategi dasar yagn harus diimplementasikan untuk menjadi perusahaan yang lincah
 Harga produk dinyatakan berdasarkan nilai bagi solusi bukan harga dari biaya produksi
 Bekerja sama dengan pelanggan, pemasok dan perusahaan lain sehingga bisa memasarkan produknya dengan cepa dan hemat
 Bisa bertahan dalam perubahan dan ketidakpastian
 Meningkatkan dampak sumber daya manusia dan pengetahuan yang dimilikinya.

            Perusahaan virtual
Perusahan virtual menggumakan intranet, internet dan ekstranet unutk membentuk kelompok kerja virtual dan mendukung aliansi dengan mitra bisnis.
Strategi perusahaan virtual
 Saling berbagai infrastrukur dan resiko
 Saling melengkapi kompetensi inti
 Mengurangi waktu  consept to cash time
 Mendapatkan akses pasar yang baru atau saling berbagi pasar
 Bermigrasi dari menjual produk ke menjual solusi

            Sistem Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management)
Dalam ekonomi dan bisnis yang penuh ketidakpastian satu-satunya sumber pasti keunggulan
kompetitif yang bisa bertahan lama adalah pengetahuan. Perusahaan dapat mencaai keunggulan kompetitif yang dapat bertahan lama apabila menjadi perusahaan yang menghasilkan pengetahuan/organisasi belajar. Ada dua jenis pendekatan pengetahuan. Perama pengetahuan eksplisit berupa data, dokumen yang bisa disimpan di dalam komputer. dan ke dua yaitu pengeahuan bagaimana cara melakukan sesuatu yagn ada di dalam diri pekerja.
Dengan Knowledge Management System –KMS perusahaan mengelola pembelajaran organisasional , pengetahuan yang penting dan cara melakukan bisnis di mana pun dan kapanpun dibutuhkan organisasi. Meliputi proses, prosedur, hak paternm formula oraktik2 terbaik, prediksi dan perbaikan yang disebarkan melalu TI seperti internet dan intranet untuk respon yang lebih cepat.

P03
Komputasi & Komunikasi Sistem Informasi Bisnis

DC (Data Center)
       Pusat pengolahan dan penyimpanan data dan/informasi organisasi atau perusahaan
       Ruang yang digunakan untuk menempatkan server dan perangkat komunikasi utama organisasi atau perusahaan
data_center.jpg


       Hal-2x yang harus diperhatikan untuk membangun Data Center
      Lokasi, Gedung dan Ruang Data Center
      Sistem Kelistrikan Data Center
      Sistem Pengaturan udara Data Center
      Sistem Pengkabelan Data Center
      Sistem Pengamanan Data Center
      Sistem Manajemen dan Operasional Data Center

Perangkat Keras Komputasi Bisnis
1.      Rackmount Server
2.          Server rack
Blade Infrasructure Diagram.jpg

3.      KVM : Keyboard, Video, Mouse
kvm.jpg

File Server
  File Server
      server yang digunakan untuk menyimpan file-2x pekerjaan karyawan organisasi atau perusahaan
  Tipe-2x File Server
      Traditional File Server
      NAS : Network Attached Storage
      SAN : Storage Attached Network

- Traditional File Server
      seperangkat komputer server lengkap (CPU, storage, monitor, keyboad, mouse) yang didedikasikan secara khusus hanya untuk menyimpan file-2x pekerjaan karyawan   organisasi atau perusahaan

- NAS : Network Attached Storage
      pengembangan file server tradisional dengan lebih memberdayakan kemampuan perangkat lunak untuk melakukan manajemen data
      selain untuk menyimpan file-2x pekerjaan karyawan juga dapat difungsikan sebagai  database server
      hanya terdiri CPU dengan OS yang dilengkapi storage dengan kapasitas yang besar dan   network interface

- SAN : Storage Attached Network
      pengembangan file server tradisional dengan lebih memberdayakan kemampuan (kecepatan proses) perangkat keras untuk menyimpan data dari berbagai server ke media penyimpanan data yang berada server lainnya (file server)
      hanya terdiri CPU yang dilengkapi storage dengan kapasitas yang besar, network interface dan jaringan komunikasi data berkecepatan tinggi
Database Server
       Server yang dipergunakan untuk menyimpan data dan/informasi organisasi atau perusahaan yang tersimpan dalam suatu DBMS (Database Management System)
       Contoh
      ORACLE Server
      Microsoft SQL Server
      IBM DB2 Server

Application Server
       Server yang digunakan untuk menjalankan aplikasi bisnis organisasi atau perusahaan  yang bersifat terpusat (centralized)
       Contoh
      amazon.com Server
      ebay.com Server
      SIIS Server
      ATM/e-Banking Switching Server

Web Server
       Server yang digunakan untuk memberikan layanan web kepada stakeholder organisasi atau perusahaan
       Contoh
      Apache Web Server
      MS IIS (Internet Information Server) Web Server


Massanging Server
       Server yang digunakan untuk memberikan layanan komunikasi (umumnya) kepada karyawan organisasi atau perusahaan
       Contoh
      Lotus Domino Server
      Microsoft Exchange Server

       Tren : Unified Messaging Server
      integrasi berbagai channel komunikasi, contoh
       email
       chatting
       sms
       fax
       voice mail
       video messaging
       tele/video conference
RAID
       RAID
      Redundant Array of Independent Disk
      Redundant Array of Inexpensive Disk
       Tata cara penggabungan beberapa hard disk menjadi satu kesatuan dengan tujuan untuk meningkatkan reliabilitas data dan kinerja server

Perangkat Jaringan Komunikasi
            Router
       Perangkat jar. kom. yang digunakan untuk
      menghubungkan sebuah network dengan 1 / lebih network lainnya
      me-routing-kan paket data dari komputer asal ke komputer tujuan
       Network yang dihubungkan router umumnya
      network antar kantor cabang yang berbeda kota
      network antar organisasi atau perusahaan yang berbeda
       Perangkat jaringan komunikasi yang digunakan untuk
      menghubungkan sebuah network dengan 1 / lebih network lainnya
      me-routing-kan paket data dari komputer asal ke komputer tujuan
1.png
Personal router
router.jpg


Enterprice router
cisco2801.jpg

            Firewall
       Perangkat pengamanan jaringan komunikasi yang mengamankan jaringan komputer internal organisasi atau perusahaan dengan cara mem-filter atau menyaring paket data yang keluar dan masuk dari dan ke jaringan internal organisasi atau perusahaan berdasarkan rule-2x yang telah ditetapkan
configuring_pix_firewall.jpg
firewall
368313_Cisco_1861_Integrated_Services_Router.jpg

Disaster Recovery Center
            DRC : Disaster Recovery Center
       Backup pusat pengolahan dan penyimpanan data dan/informasi organisasi atau perusahaan
       Ruang yang digunakan untuk menempatkan server dan perangkat komunikasi cadangan organisasi atau perusahaan
       Digunakan atau diaktifkan pada saat terjadi bencana yang mengakibatkan Data Center tidak dapat menyediakan layanan Teknologi Informasi untuk mendukung kegiatan operasional bisnis organisasi atau perusahaan
       Pengaktifan DRC dilakukan berdasarkan DRP (Disaster Recovery Plan)
       Tipe-2x DRC
       Hot Site DRC
       Warm Site DRC
       Cold Site DRC
Next Generation Computing Device
       Perangkat komputasi bisnis, khususnya perangkat yang digunakan oleh user berkembang menjadi ke arah yang semakin kecil dan mobile
       1980-an : PC (Personal Computer)
       2000-an : Laptop / Notebook
Apple-iPad-2-vs-Samsung-Galaxy-Tab.jpgapple-iphone.jpg9900bold_blk_eng_gen_frontnoshadow.jpgSamsung-Galaxy-S-II_1.jpg

       Mobile device saat ini tidak lagi hanya berfungsi untuk komunikasi, tetapi juga bisa digunakan untuk melakukan komputasi
       Mobile Device Development Tools
      J2ME : Java 2 Micro Edition
      Blackberry SDK
      iOS SDK
      Android SDK

P04
e-business
            e-business adalah penggunaan internet dan jaringan seta teknologi informasi laniinya untuk mendukung e-commerce, komunikasi dan kerjasama perusahaan, dan berbagai proses yang dijalankan melalui web, baik di jaringan perusahaan ataupun dengan pelanggan dan mitra bisnis.
Di bagian 1 ini akan dibahas menganai CRM, ERP dan SCM

            Perusahaan mengembangkan aplikasi lintas fungsi perusahaan terintegrasi yang melintasi batas fungsi tradisional bisnis agar dapat merekayasa ulang dan meningkatkan proses bisnis di semua lintas fungsi perusahaan. Software2 yang byk dipakai adalah ERP, CRM dan SCM dari SAP, Peoplesoft atau oracle.
Software ini berfokus untuk mendukung proses bisnis terintegrasi yang terlibat dalam operasional bisnis.

Arsitektur Aplikasi Perusahaan
            Yaitu menggambarkan hubungan antar aplikasi perusahaan lintas fungsi yang memberikan kerangka kerja konseptual untuk membayangkan berbagai komponen dasar proses dam interface dai e-business.
            ERP (Enterprise Resource Planning) berfokus pada efisiensi produk internal perusahaan, sistribusi dan proses keuangannya. CRM berfokus pada proses dan mendapatkan dan mempertahankan pelanggan yang berharga meliputi pemasaran, penjualan dan layanan. Partner Relationship Management-PRM bertujuan mendapatkan dan memelihara para minatra untuk meningkatkan penjualan dan sitribusi produk. SCM fokus pada pengembangan resources dan prose mendapatkan yang efisien dan efekif. Knowledge management berfokus pada alat untuk mendukuing kerjsa sama kelompok dan pengambilan keputusan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiDmZOReHnpDEuKkkJer-p5gPXzIyV99bFw8E38BPiQm1H2CzBIWlBsJgwDsMfSLBmL1IIRw5ndbeUoSdmjruCPYhYolyjp_TO2nQt2XgRjBdIHkH8uXl1XIKnH2z1K3lRn2vt4uH-dxsk/s320/bab7-1.png
ERP
Tulang punggung lintas fungsi perusahaan. Integraswi dan otomatisasi fungsi produksi, logistik, distribusi, keungan dan SDM. ERP menyajikan data real time integrasi atas proses bisnis yagn disatukan dari ERP dan DBMS.
Manfaat
 Kualitas dan efisiensi

 Penurunan biaya

 Pendukung Keputusan

 Kelincahan perusahaan


Tentunya implementasi ERP besar-besaran ini bukan tanpa resiko.
Berbagai penyebab kegagalannya adalah
 Meremehkan keruminta perencanaan , pengembangan dan pelatihan yang dibutuhkan untuk mempersiapkan sistem baru yang radika;

 Cara yang terlalu cepat dalam proses konversi

 Belum adanya pengujian yang cukup atas data.


CRM (Customer Relationship Management)
Tujuan
1. Memberikan data seorang pelanggan secara lengkap terhadap organisasi yang dan karyawan yang berhadapan langsung dengan pelanggan
2. Memberikan pelanggan tentang pandangan lengkap tentang perusahaan.
CRM termasuk TI sistem lintas fungsi yang mengintegrasi dan mengotomatisasi proses2 layanan pelanggan dalam penjualan, pemasaran dan layananan pelanggan (CS). CRM juga mengintegrasikan proses ini dengan database operasi bisnis lainnya melalui web.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjQtDE8AVbWmFgJ6gjsI-unxewoplmyl6jKU5iuYoD6xjInu2FgykzbAxs9Z5nALRkx7hHbHi1DM0gh8Qgc4oLdOHIdfE6rgnNkOsAn_EOg4vAUf2Lklf_D6oJ614bb-WppplxG6CQLWvc/s320/bab7-2.png


Komponen –komponen/Kelompok aplikasi utama dalam CRM
 Manajemen Kontak dan Rekening (Contact and Account Management)

 Penjualan

 Pemasaran dan Pemenuhan Pesanan

 Dukungan dan Layanan Pelanggan

 Program Retensi dan Loyalitas


Manfaat CRM
 Mengidentifikasi pelanggan terbaik

 Personalisasi dan penyesuaian secara realtime terhadap siklus keinginan dan kebutuhan pelanggan

 Penelusuran kontak

 Menyediakan layanan superior distiap titik kontal pelanggan


Kegagalan CRM
50% perusahaan merasa CRM tidak memberi hasil yang menjanjikan. 20 % perusahaan yang disurvei malah mengatakan CRM merusak hubungan dengna pelanggan lama.
Dari penelitian alasannya adalah kurangnya pemahaman dan persiapan.


SCM (Supply Chain Management)– Jaringan Bisnis
SCM membantu mengelola rantai pasokan dengan efisien. Membantu mendapatkan produk pada tempat yang tepat, waktu yang tepat dan jumlah yang tepat. SCM memperkirakan permintaan, mengendalikan persediaan dan meningkatkan jaringan hubungan antara perusahaan dengan pelangggan , pemasok, distributor dan mitra perusahaan.
SCM ini meruapakan sistem lintas fingsi yang menggunakan TI yang bertujuan mencioptakan jaringan yang cepa, efisien, berbiaya rendah dan membuat produk perusahaan beranjak dari konsep menuju pasar.

Manfaat SCM
 Pemorsesan yang lebih cepat dan akurat

 Mengurangi inventori

 lebih cepat ke pasaran

 mengurangi biaya transaksi dan material

 hubungan strategis dengan supplier


Enterprise Application Integration (EAI)
Software EAI digunakan oeleh perusahaan untuk menghubungkan aplikasi e businos spt CRM dan ERP. EAI menyediakan middleware untuk melakukan konversi dan koordinasi data. Software ini mengintegrasikan aplikasi dari depan dan belakang perusahaan. EAI mempersingkat pemrosesan pesanan produk dan jasa shg lebih cepat ke tangan pelanggan.

Sistem Pemrosesan Transaksi
Atau dikenal dengan TPS (Transaction Processing System) adalah sistem informasi lintas fungsi yang menproses dara dari traksaksi bisnis. Traksaksi ini kegiatan aktivitas bisnis spt penjualan, pembelian, penyimpanan, pembayaran dan penagihan.
Online TPS atau OLTP memainkan perasana strategis dalam e-commerce.
Siklus pemrosesan traksaksi meliputi entri data, pemrosesan traksaksi, pemeliharaan database, pembuatan dokumen dan laporan dan pemrosesan pesanan.

Enterprise Collaboration System (ECS)
Sistem kerjasama perusahaan ini adalah SI lintas fungsi yang meningkatkan komunikasi, koordinasi dan kerjasama antar anggota tim bisnis dan kelompok kerja.
Perangkat yang digunakan meliputi
 perangkat komunikasi elektronik

 Conference tools

 Perangkat ke
rjasama kelompok spt pembuatan jadwal, manajemen projek, alur kerja.







P05

Elactronic Commerce System
·         Sistem e-commerce tidak sekedar penjualan dan/atau pembelian secara online
·         Sistem e-comerce meliputi :
      Proses bisnis secara umum : market survey, buying, cooperation, marketing, salling, dan servicing
      Proses bisnis manual (sebagai pendukung)
      Pembayaran secara digital/elektronik
      Pengamanan proses bisnis, sistem aplikasi dan infrastruktur Teknologi Informasi

e-commerceclassification
·         Business-to-Consumer (B2C)
      Bisinesses develop attractive electronic marketplaces to sell products and seervices to consumer
·         Business-to-Business(B2B)
      Involves both electronic business marketplaces and direct market links between businesses
·         Consumer-to-Consumer
      Online auctions where consumer can buy and sell with each other


Acces Control and Security
·         E-commerce processes must establish mutual trust and secure acces
·         Between the parties in an e-commerce transaction
·         By authenticating users, authorizing access, and enforcing security features

Profiling and Personalizing
·         Gather data on you and your website behavior and choices
·         Build electronic profiles of your characteristics and preferences
·         Profiles are used to recognize you and provide you with a personalized view of the contents of the site with product recommendations and personalized advertising
·         One-to-one marketing strategy

Search Management
            Search processes that helps customers find the specific product or service they want to evaluate or buy

Content and Catalog Management
·         Content Management
      Software that helps e-commerce companies develop, generate, deliver, update, and archive text data and multimedia information at e-commerce websites
·         Catalog Management
      Software that helps generate and manage catalog comtent

Content and Catalog Management
·         May support customer self-service and mass-customization of products
·         e.g.:
      dell computer configuration management

Workflow Management
·         software that helps employees electronically collaborate to accomplish structured work taks
within knowledge-based business processes
·         ensure proper transactions, decisions, and work activities are performed and the correct data and documents are delivered to the right employee, cutomer, or supplier

E-Commerce Success Factors
·         Selection and Value
      Attractive product selections, competitive proces, satifaction guarantees and customer support after the sale
·         Performance and Service
      Fast,easy navigation, shopping, and purchasing, and prompt shipping and delivery
·         Look and Feel
      Attractive web storefront, website shipping areas, multimedia product catalog pages, and shopping features
·         Advertising and incentives
      Targeted web page advertising and e-mail promotion, discounts and special offers, including advertising at affiliate sites
·         Personal Attention
      Personal web pages, personalized product recommendations web advertising and e-mail notices, and interactive support for all customers

·         Community Relationships
      Virtual communication of customers, suppliers, company represebtatives, and other via newsgroup, chat rooms, and link to realted site
·         Security and Reliability
      Security of customer information and website transactions, trustworthy product information, and reliable order fulfillment

P06
Sistem Pendukung Keputusan (DSS)
Informasi , Keputusan dan Manajemen
            Stuktur keputusan berbentuk piramida dari manajemen operasional, manajmen taktis dan yang terakhir manajemen strategis 
            Kualitas Informasi
            Dari sedi waktu harus
                         Tepat
                         Aktual
                         Periodik
                         Jangka Waktu


            Dimensi Isi harus
                         Akurat
                         Relevan
                         Lengkap
                         Ringkas
                         Luas
             Menunjukkan kinerja perusahaan
                        Bentuk
                         Jelas
                         Rinci
                         Sistematis
                         Representatif
                         Menarik

Perbedaan SIM dan DSS
            SIM menyediakan informasi mengenai kinerja organisasi, memnyedialan informasi dan laporan periodik dengan format tertentu, Informasi ini diperolah dari hasil ekstraksi dan manipulasi data. Sedangkan DSS MEnyediakan informasi khusus untuk pendukung keputusan, menganalisi masalah dan melihat peluang. Laporan atau informasi bergantung permintaan formatnya pun disesuaikan sesuai kebutuhan. Informasi untuk DSS diperoleh dari pemodelan analitis

Aplikasi Business Intelligence
            Fokus aplikasi
             Pendukung keputusan
             Modeling
             Menarik informasi
             Data warehousing
             Skenario apa-jika
             Pelaporan

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhOyHMhsa7qmx9HLhdaPGHFQ0IoATpAr4Dip83R5aBqp4f1lJkEXH7p0XhybYyxCiyPKS5ni2sHDQ-X5x-Ikeodmy5oU8a2DMlQuwgBfU8EkZlG727OgHtShixWytyBUqND_B-ypBcaHdI/s320/bab10-1.png

1. SIM
Produk informasi yang dihasilkan SIM berupa laporan dalam bentuk

 Laporan periodik terjadwal
 Exception report- jika terjadi pengecualian
 Laporan demand – respond
 Push repoting

2. OLAP (Online Analytic Processing)
Untuk pengembangan database analitis, data mart, gudang data, teknik data mining struktur database multidimensi. Berusaha menemukan pola, tren dan kondisi pengecualian yang dapat diakses scr online dan langsung oleh manajer dan analis.
OLAP ini melibatkan operasi analitis dasar yaitu konsolidasi /pengelompokan data, penggalian data (memanggil data ke arah kebalikan), pengirisan dan pemotongan (melihat data dari berbagai sudut
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjuFbonvcfG_48xcnL30o-hjKZjPv4eTyik5uEHhyOUd0oS_k38Ufg-CBiEIfD1nOvZLeW9DAEyF_XobF5XJxk6BcZDWWpvK_3HUad3g3SE7p8hxEIb44CUcm7sMxXYlPrwb48EV9Dy8OE/s400/bab10-3.jpg


3. DSS
            Yaitu SI yang memberikan dukungan interaktif bagi manajer/praktisi bisnis selama proses pengambilan keputusan. DSS mengunakan
             Model analitis
             Database khusus
             Penilaian dan pandangan pembuat keputusan
             Proses pemodelan berbasis komputer

            Software DSS menyediakan model-model (basis model) dan teknis analitis. Sepeti model akuntasi yang berisi hubungan sederhana antar berbagai variabel akuntansi, model peramalan dengan regresi ganda, dan pemrograma linier.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiSC06AKyFDJLK_gH5CoiOxU7KEp5DanFmEMCaPm9IxudT4uLULDtCjE0W0AGMbMbTaCb3AJOYzTVzdPpCOnDiK6TBeBkvt-KwRKQR-VhpI0iedkKis92V2l1hxMfZeGAug1ZYWwCw4uhg/s320/bab10-2.png

4 jenis dasar pemodelan analitis
            Analisis jika-maka
             Analisis sensitivitas
             Analisis pencarian sasaran (goal – seeking)
             Analisis optimisasi

            Fitur lain yang disediakan DSS adan Sistem Visualisasi Data dan Sistem Informasi Geografis (DVS dan GIS)


4. Data Mining
            Software data mining menganalisis data bisnis historis yang jumlahnya sangat besar dari gudang data untuk menemukan pola, tren dan korelasi yang tersembunyi dalam rangka knowledge discovery. Software ini melakukan regresi, pohon keputusan, jaringan syaraf, deteksi kelompok atau analisis kerangjang pasarar. Manfaatnya bisa juga untuk memotong biaya yang berlebihan dan menunjukkan peluang dan hubungan yang menguntungkan tapi awalnya tak terlihat.

5. Sistem Manajemen Pengetahuan - KMS
            KMS mendukung penyimpanan dan penyebaran informasi dan pengatahuan isnis perusahaan/organisasi yang bisa berbentuk database hipermedia di jaringan web perusahaan.
Jalan masuk ke KMS berupa Portal Pengetahuan Perusahaan.


SISTEM INFORMASI EKSEKUTIF
Atau dikenal dengan Executive Information System- EIS adalah SI yang menggabungkan antara SIM dan DSS
Awalnya untuk penyedian informasi bagi eksekutif puncak terutama mengenai critical succes factor-csf. Lambat laun EIS ini juga dikembangkan untuk manajer dan orang-orang di oerganisasi sehingga berkembang menjadi enterprise information system EIS dan Executive Information System

Portal Perusahaan

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgonUz2-JgsEZWfBepbbuhLaNQ9nC9sR37d1lhRzt1ETubA27exTpTtL8Dt1g17F9KN3vrb1h-FVD1kTRCKZRi3s5UWr4mYNoUYBkVALKyPSXCAIq7zOpxhA24z9vN9Or3BJr-8C9lUwt0/s320/bab10-4.png

Enterprise Information Portal – EIP adalah portal untuk setiap anggota organisasi yagn merupakan perpaduan dari SIM, DSS dan EIS yang diberikan kepada semua pemakai intranet.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 ddyarmada - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -